Rabu, 15 Januari 2014

New Think and Grow Rich


Dalam buku New Think and Grow Rich karya Napoleon Hill menyampaikan berbagai macam rahasia untuk meraih kesuksesan finansial. Buku ini menyampaikan berbagai macam kisah hidup orang-orang luar biasa yang sukses dan mendunia. Berikut simpul yang dapat dalam buku ini, semoga dapat memotivasi teman-teman dalam menggapai sesuatu yang diinginkan;



1. Ide Sebagai Pembeda
Pencapaian kesuksesan tiap individu berbeda-beda, baik dalam hal ide, pun dalam usaha yang terus menerus. Namun, dalam pembahasan kali ini terfokus kepada ide yang ada dalam pikiran kita. Ide adalah hasil dari pemikiran kita. Ketika kita ingin memulai sesuatu kita membutuhkan ide  untuk memulai sesuatu tersebut. Misalnya ide ingin membuka usaha yang unik dan belum ada sebelumnya. Seperti dalam pembahasan sebelumnya dalam tulisan saya mengenai terapi berfikir positif, pemikiran adalah faktor penentu segalanya. Pemikiran kita sendirilah yang mengatur apakah kita ingin melakukan sesuatu atau tidak. 

2. Tindakan; Realisasi Ide
Setiap individu memiliki banyak keinginan dalam hidup mereka. Namun apakah semua itu telah terealisasi? Belum tentu! Ide tanpa tindakan hasilnya akan mustahil. Ide, entah baik banyak ataupun sedikit, tidak menjadi masalah asalkan kita bisa berpikir bagaimana untuk mencapainya. Hal apapun yang ingin kita raih dalam hidup ini harus dilandaskan dengan keinginan yang kuat. Mengapa saya mengatakan seperti itu? alasannya simple agar ketika kita sedang berusaha untuk menggapai apa yang kita inginkan, kita tidak akan terombang ambing di tengah jalan. Right?

3. Autosugesti
Pernah membaca atau mendengar tentang Filsuf yang bernama Sigmund Freud mengenai teori alam bawah sadarnya? Itu disebut autosugesti dalam buku Napoleon Hill ini. Autosugesti yang dimaksud disini adalah kita harus bisa memberikan sugesti kepada pemikiran kita bahwa kita akan menjadi sukses. Kita harus meyakinkan diri kita sendiri terus menerus. Tanpa disadari, keyakinan tersebut masuk dalam alam bawah sadar kita dan akan memotivasi diri kita sendiri untuk mencapai apa yang diinginkan.

4. Pengetahuan Khusus
Kebanyakan manusia selalu menganggap bahwa orang berpendidikan adalah orang yang sekolah tinggi, kuliah di luar negeri, ataupun gelar yang ia raih. Padahal, orang berpendidikan itu adalah yang mengetahui hal yang baik dan buruk untuk dirinya dan merealisasikannya ke lingkungan sekitarnya. Ketika kita ingin memulai membuka usaha atau melakukan suatu pekerjaan tidak cukup hanya dengan modal pengetahuan umum seperti yang kita dapatkan dalam akademik. Kita membutuhkan pengetahuan khusus untuk pekerjaan atau usaha yang kita jalankan. Misalnya, saya akan menjadi lulusan sarjana hukum, tetapi tidak cukup hanya dengan bermodalkan sarjana saja tetapi saya melanjutkan studi saya lagi untuk menjadi notaris dengan mengambil magister notaris. 

5. Imajinasi
Pernah terfikirkan dalam tiap individu untuk menggunakan khayalannya ketika menjadi sukses. itulah yang dilakukan oleh Napoleon Hill. Salah satu kebiasaannya adalah ia berimajinasi duduk di meja bundar bersama orang-orang hebat di dunia. Ia selalu berkhayal berdiskusi dengan orang-orang hebat tersebut tentang ide yang ia utarakan dengan sedikit kejenakaan yang membuat diskusi menjadi lunak. Ia berkhayal bahwa ia memimpin diskusi tersebut dan ia adalah orang paling berpengaruh di antara orang-orang hebat tersebut. Kita membutuhkan imajinasi untuk menjadi apa kita nanti ketika kita ingin meraih apa yang kita inginkan, dengan cara itu kita akan berusaha seperti apa yang kita imajinasikan.

6. Perencanaan yang Sistematis
Apapun yang kita inginkan hanya sekedar angan-angan tanpa perencanaan yang terorganisasi. Maksudnya adalah tujuan yang kita capai harus sistematis. Tahap demi tahap harus terjalankan dengan baik. Perencanaan tujuan hidup kita perlu agar kita terfokus dengan apa yang kita inginkan. Kesuksesan seseorang dalam hidupnya tidak hanya sekedar usaha dan berdoa saja tetapi perlu perencanaan yang matang

7. Ketegasan dan Kegigihan
Analisis dari Napoleon Hill rata-rata baik pria maupun wanita lemah dalam mengambil keputusan. Misalnya seperti lambat mengambil keputusan dan cepat mengubah keputusan yang terjadi. Pernah mendengar Henry Ford? Ia adalah orang sukses dan berpengaruh dalam bidang otomotif. Ia tidak memiliki pendidikan tinggi namun ketika percobaan pertamanya gagal ia tidak terlalu lama mengambil keputusan untuk mengubah hasil percobaan menjadi lebih baik. Ketika hasil percobaannya ternyata kurang berpengaruh ia tidak langsung mengubah hasil percobaannya, melainkan ia meminta ilmuwan untuk mencoba terus menerus walaupun gagal dan tanpa menunda apapun yang ia minta sampai ia mengambil keputusan yang pada akhirnya membuat ia menjadi salah satu orang paling sukses dan berpengaruh di dunia. Ada lagi satu contoh dari Thomas Alfa Edison. Pernah dengar juga kan ? ia adalah salah satu penemu lampu listrik. Ia sama seperti ilmuan lainnya yang seribu kali mencoba namun selalu gagal. Bermodalkan kegigihan yang kuat ia bisa menciptakan lampu listrik yang dirasakan oleh seluruh dunia sampai saat ini.

8.  Kekuatan Mempengaruhi Orang Lain
Yang dimaksud disini adalah kekuatan pikiran kita untuk mempengaruhi orang lain. Mempengaruhi dalam hal menjadi rekan bisnis ataupun bekerja untuk kita. Kita dituntut untuk dapat memotivasi orang lain, mengembangkan potensinya, serta senang bekerja dengan kita. Karena bagaimanapun mereka partner yang akan mempengaruhi kita pula. Jadi, hati-hati dalam memilih rekan bisnis untuk usaha anda. Memilih rekan bisnis bukan karena alasan dia adalah sahabat/keluarga tetapi harus memiliki minat yang sama dan berpotensi untuk maju bersama-sama.

Kesimpulan; Optimalisasi Sumber Daya
Apapun yang kita ingin raih dalam hidup ini semoga bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Semuanya perlu perencanaan yang panjang dan matang. Kita tidak hanya dikarunai akal oleh Tuhan untuk sekadar berpikir, tetapi setelah itu kita harus berusaha dan yakin bahwa kita akan mencapainya. Ketika ingin mencapai sesuatu kita membutuhkan orang-orang yang dapat mendukung kita dan membuat kita berkembang satu sama lain. Tanamkan dalam pikiran kita apa yang baik, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Jangan lupa selalu berdoa kepada pencipta. Berdoa dan berharaplah kepada Sesuatu yang tak pernah mati; Tuhan.
Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar