Rabu, 09 April 2014

Imam Mahdi


Apa yang Anda ketahui tentang Imam Mahdi? Dialah pemimpin besar umat Islam pada akhir zaman. Dalam buku yang berjudul Teladan Abadi; Imam Mahdi terbitan The Ahl-ul-Bayt World Assembly membahas mengenai kelahiran dan kehidupan Imam Mahdi menurut berbagai pandangan dan bagaimana pula kita sebagai umatnya menyambut kehadiran beliau.




Imam Mahdi; Wasiat Terakhir

Imam Mahdi telah dijanjikan kehadirannya serta kegaibannya yang merupakan berita gembira untuk seluruh umat beragama walaupun berbeda penafsiran dan cara pandang. Dalam pemikiran manusia, seorang imam setiap masa tentu dikarunia dengan kelebihan yang berbeda dengan manusia lainnya. Perbedaan penafsiran tersebut hanya dapat terselesaikan ketika Imam Mahdi sendiri turun pada akhir zaman kelak. Kenyataan tersebut persis seperti kisruh turunya Isa Putera Maryam yang akan memperjelas kehadiran beliau kepada umat Nasrani. Sama halnya dengan keistimewaan para Nabi dan Imam, Imam ke-12 sekaligus Imam terakhir ini menjadi penuntun seluruh umat membawa kabar gembira tentang Islam.

Imam Mahdi yang Dijanjikan Kegaibannya dalam Teks Suci

Pernah terlintas dalam pikiran penulis perihal ketika Rasulullah Saw. meninggal, bagaimana dengan umat Islam? Apakah tidak ada pengganti imam selanjutnya yang berpegang teguh pada amanat beliau Saw.? Dan akhirnya terjawab sudah bahwa zaman tidak pernah kosong dengan seorang imam yang keturunan langsung dari Rasulullah Saw. Imam yang dimaksud adalah imam yang menyelamatkan umat dari kesesetan. Setiap imam memiliki saksi bagi umatnya. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan setiap umat mengenai keberadaan dan kebenaran imam tersebut. Al-mahdi tidak hanya disebutkan dalam Al-Qur’an, tapi juga termaktub dalam hadits. Dalam hadits Rasulullah Saw. bersabda bahwa sepeninggalannya, kita sebagai umat islam harus berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan keturunan ahlul baytnya.

Kebangkitan Imam Mahdi

Dari sekian banyak pandangan yang membahas tentang kelahiran Imam Mahdi, belum ada yang mengetahui dengan pasti kapan kelahiran beliau. Situasi dan kondisi saat beliau berada dalam kandungan dan kelahiran beliau sangat dirahasiakan. Hal ini ditakutkan akan dibunuhnya Imam Mahdi oleh kepemimpinan Abbasiyah yang takut pula akan lahirnya seorang imam yang berpotensi besar untuk menggoyang tampuk kepemimimpinan yang sebenarnya milik Imam Mahdi. Ketika ibunya mengandung tidak terlihat tanda-tanda kehamilan. Dalam proses melahirkan pun demikian, hanya kalangan orang-orang tertentu yang mengetahui kelahiran beliau. Dan muncullah wakil-wakil beliau untuk meyakinkan umat bahwa beliau sudah terlahir. Pada saat itu pula beliau hanya menikmati kebersamaan dengan ayahnya paling kurang selama lima tahun karena setelah itu ayah beliau, Imam Hasan Al-Askari meninggal.

Kegaiban Imam Mahdi

Praktis, setelah ayahnya meninggal, tanggung jawab kepemimpinan harus diemban Imam Mahdi walau masih kecil. Saat ayahnya wafat, ia mensholati ayahnya dan memberitahukan kepemimpinan dirinya kepada umatnya. Kegaiban Imam Mahdi terjadi dalam dua tahap; gaib sugro (jangka pendek) dan gaib kubro (jangka panjang). Kegaiban jangka pendek dimulai semenjak ayah beliau meninggal dan wafatnya pula wakil beliau yang ke empat. Saat itu pula kegaiban jangka panjang dimulai hingga saat ini. Kita sebagai umatnya tinggal menunggu waktu kehadiran beliau. Sikap Imam Mahdi dalam masa kegaiban panjangnya adalah dengan menyampaikan kebenaran kepada kaum muslim dan menjaga proses persiapan kemunculan beliau kepada setiap umat, membahagiakan umat, dan menjaga penentangan umat terhadap kezaliman. Beliau berjumpa dengan orang-orang mukmin pada setiap masa untuk menyampaikan risalah beliau.

Tanda-Tanda Kemunculan Imam Mahdi

Dalam hadits memerintahkan kita untuk menanti kehadiran beliau dan mengharapkan hal itu terjadi secepatnya. Sebagian kelompok mempercayai bahwa Imam Mahdi telah lahir dan sebagian lagi tidak. Tanda-tanda kehadiran beliau adalah munculnya sufyani, pembunuhan al-hasani, perseturuan bani abbas dalam kerajaan, terjadinya gerhana matahari pada pertengahan bulan ramadhan, gerhana di baida, magribh, dan masyriq, turunnya matahari ketika memasuki pertengahan waktu ashar, terbitnya matahari di arah barat, pembunuhan terhadap 70 orang saleh di kufah. Kedatangan bendera hitam dari arah khurasan, munculnya al-yamani, kemunculan al-maghribi di mesir dan penguasaannya di syam, kehancuran turki dan romawi, awan merah muncul di langit dan menyebar ke seluruh arah, api yang sangat panjang nampak di arah timur dan akan tetap nampak selama tiga hari atau tujuh hari, orang arab meninggalkan pelindung mereka, penduduk mesir membunuh pemimpin mereka, perusakan di syam, dan masih banyak lainnya.

Pencerahan dari Imam Mahdi

Sebab penciptaan Imam Mahdi adalah untuk memimpin setiap umat. Tentunya kita sebagai orang mukmin mendambakan kehadiran beliau dan sosok yang membimbing kita menuju kebenaran dan mempersatukan kita. Tapi apa yang telah kita persiapkan untuk menyambut kedatangan Sang Imam? Seperti kata pepatah; guru tidak akan datang, jika murid belum siap!

Semoga Tuhan mempecepat kedatangnya!

1 komentar:

  1. Kalaulah boleh, sy ingin menanyakan beberapa hal.
    Dari pembacaan apa, sehingga saudari menyatakan alasan disembunyikannya kelahiran imam mahdi karna ketakutan akan dibunuhnya ia oleh kepemimpinan Abbasiyah ?? Siapa pemimpin Abbasiyah pada masa itu, dan apakah memang ia sekejam itu ?? Bukankah ia juga muslim seperti yg lain.?? Ini kok jadi seperti kelahirannya Musa as.
    Bagaimana bisa kehamilan & kelahiran itu disembunyikan pada ramai orang? lalu tiba - tiba ada wakil yg muncul mengatakan ia telah lahir. Manakah yg akan kita percaya, apakah si wakil yg dtang menyampaikan atau apa yg kita lihat bahwa tak ada sama sekali kehamilan apalagi kelahiran yg terjadi??
    Kalian syiah itu nyaris saja menuhankan Akal, akan tetapi dibanyak bagian sepertinya kalian sendiri malah membantah kerja Akal itu sendiri. bagaimana bisa diceritakan bahwa Mahdi mensholati jenazah ayahnya?? sedang pada waktu itu sesuai dongeng diatas ia baru berumur kurang lebih 5 tahun? lalu kemudian ia menjadi pemimpin ummat? ummat yg mana itu yg mengangkat anak yg bahkan belum akil baligh menjadi pemimpinnya???
    Dan juga kemudian, karna beliau berjumpa dengan orang-orang mukmin pada setiap masa untuk menyampaikan risalah beliau, maka siapakah diantara ummat sekarang atau yg tlah lalu, yg telah berjumpa dgn beliau.??
    Mohon penjelasannya. Jangan mengaburkan pandangan beragama Ummat muslim.

    BalasHapus